Tugas 2 MPPL D - Hendry Wiranto - 5115100102


Project Management Life Cycle - Release Resources

Dalam mengerjakan sebuah proyek, dibutuhkan sebuah perencanaan yang matang. Hal ini diperlukan untuk memastikan bahwa tujuan akhir proyek dapat tercapai sesuai dengan waktu, scope dan dana yang telah ditetapkan di awal kegiatan proyek. Untuk itu, manajer proyek harus dapat memastikan bahwa seluruh sumber daya yang dialokasikan dalam proyek digunakan dengan cara yang paling efisien. Ini berarti bahwa perencanaan proyek harus dilakukan secara professional yang didasarkan pada siklus hidup proyek.



Pada tahap perencanaan, dokumen perencanaan akan disusun secara terperinci sebagai panduan bagi tim proyek selama kegiatan proyek berlangsung. Adapun aktivitas yang akan dilakukan pada tahap ini salah satunya adalah membuat rencana resource (resource plan), yang berisi daftar resource apa saja yang akan dipakai, seperti manusia, hardware atau uang.

Setelah semua tahapan pembuatan perangkat lunak selesai, akan dilakukan aktivitas-aktivitas untuk mengakiri suatu proyek. Selain menyerahkan hasil proyek dan dokumentasinya ke pelanggan, hal yang perlu dilakukan adalah melepas resource yang telah dipakai selama pengerjaan proyek. Hal ini dilakukan karena resource sudah tidak diperlukan lagi dan resource bisa dimanfaatkan kembali untuk mengerjakan proyek baru. Inilah yang dinamakan release resources.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 3 Pemrogaman Web F

Tugas 4 MPPL D - Hendry Wiranto - 5115100102